Monday, April 20, 2009

Kartu Kredit, Belanja Baju & Sepatu

INILAH.COM, Jakarta - Karakter penggunaan kartu kredit oleh nasabah mencerminkan bagaimana sebenarnya gaya hidup suatu bangsa. Di Indonesia pemegang kartu kredit malah lebih banyak mengunakannya untuk berbelanja produk sepatu dan baju.

Indonesia merupakan salah satu negara yang potensial bagi penerbit kartu kredit. Dengan penduduk kelas menengah atas berjumlah 40 juta sementara pemegang kartu baru mencapai seperempatnya.

Jumlah pemegang kartu di Indonesia berdasarkan data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) adalah 11,4 juta orang sementara populasi Indonesia sangat besar, sehingga peluang untuk memasarkan kartu kredit masih sangat luas.

Dari data yang dirilis Citibank NA komposisi penggunaan kartu kredit di Indonesia paling banyak digunakan untuk belanja sepatu dan baju. Jumlah pemakaian di segmen tersebut mencapai angka 57%.

Selain baju dan sepatu, makan di restoran menempati aktivitas kedua terbanyak di Indonesia. Baru diperingkat ketiga pembelian peralatan elektronik rumah tangga.

Negara-negara lain yang juga memiliki karakter serupa adalah Australia, India, Malaysia dan Korea Selatan. Sementara untuk negara-negara seperti China justru belanja untuk alat elektronik dengan komposisi mencapai 61%.

Corporate Affairs Citibank Sonitha Poernomo menjelaskan bahwa masyarakat harus belanja lebih smart di saat krisis. “Ini bisa dilakukan dengan cenderung menggunakan fasilitas yang ditawarkan penerbit kartu kredit,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Citibank menawarkan belanja dengan reward point (25%) untuk belanja elektronik, atau yang baru-baru ini sangat diminati adalah 25% untuk beli Blackberry Bold, selain itu keuntungan2 lain seperti Cashback di farmasi, toko buku, pom bensin, 1 Bill dan supermarket.

“Kecenderungan lain yang selalu diminati masyarakat adalah fasilitas Eazy Pay 0%, dimana produk yang diinginkan dapat dicicil sesuai dengan tenor yang ditentukan,” lanjutnya.

Jumlah pemegang kartu Citibank saat ini adalah sekitar 1,5 juta. Saat ini Citibank masih memimpin untuk pangsa pasar dengan 33% total transaksi kartu kredit di Indonesia. Penetrasi juga dilakukan dengan mendukung kegiatan promosi Surabaya Shopping Festival.

Melalui acara yang dicanangkan pemerintah Surabaya ini, Citibank berharap memberikan nilai tambah bagi para nasabah yang memanfaatkan kesempatan belanja sekali setahun ini. Festival ini merupakan kesempatan menikmati belanja hemat dan berkualitas bagi warga Surabaya dan juga para wisatawan.

Sumber: Inilah.com 19/04/2009

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Architecture. Powered by Blogger